Jaga Rumah dari Corona Covid-19

Ayo Cegah Corona dari Rumah

Baru-baru ini, kita digemparkan oleh berita 2 orang warga Depok, Jawa Barat, dinyatakan positif terjangkit virus novel Corona (Covid-19). Virus yang telah mewabah di Wuhan, China, ini telah menularkan kepada lebih dari 90 ribu jiwa dalam tiga bulan terakhir.

Sayangnya, belum ada yang bisa menemukan obat yang dapat menyembuhkan virus ini secara langsung yang membuat masyarakat semakin khawatir dengan keberadaannya yang tak kunjung berhenti. Pakar kesehatan dan para pemimpin negara hanya dapat memberikan himbauan melakukan beberapa usaha untuk mengurangi gejala-gejala Covid-19, jika terjangkit, demi menghindari kemungkinan kematian.

Corona sendiri memiliki gejala demam, batuk, menggigil, flu dan sakit tenggorokan yang menjadi himbauan pertama untuk menjaga diri dan meningkatkan imun tubuh dengan menerapkan gaya hidup sehat dan bersih. Selain menjaga diri kita di luar, ada baiknya kita menjaga rumah selalu siap sedia mengingat virus ini dipastikan sudah masuk ke lingkungan kita, sejak 2 Maret 2020.

Perlukah saya menyediakan stok makanan dan obat di rumah?

Melihat dari gejala-gejala awal virus ini menyerupai dengan flu biasa, maka disarankan untuk memastikan obat-obat pereda gejala flu seperti paracetamol, obat batuk, pereda sakit tenggorokan, dan lainnya. Ini merupakan sebuah antisipasi untuk tidak membiarkan flu menjadi lebih buruk. 

Menyimpan makanan bergizi dan kaya akan vitamin seperti sayur-sayuran, buah-buahan, bahan herbal seperti jahe, kunyit, kayu manis, teh hijau dan lainnya juga diperlukan untuk menjaga imun tubuh agar tetap stabil dan bertambah. Di samping itu, mengkonsumsi daging unggas seperti ayam karena mengandung vitamin B6 yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Kita juga dapat mengkonsumsi pil suplemen dan vitamin yang dijual di toko-toko obat secara rutin untuk tetap menjaga tubuh agar terhindar dari gejala flu. Anda dapat membaca artikel kesehatan lainnya untuk mengetahui cara meningkatkan sistem imun tubuh kita.

minuman herbal cegah corona

Dari keterangan di atas, tidak ada salahnya kita selalu men-stock obat-obatan, makanan bergizi dan herbal di rumah untuk tetap menjaga dan meningkatkan imun tubuh sehingga tubuh cukup kebal untuk dijangkiti virus apapun.

Apakah saya perlu menjauhi hewan peliharaan saya di rumah?

Sejauh ini, belum ada kepastian apakah hewan peliharaan dapat terjangkit lebih mudah oleh Covid-19. Namun, para medis mengatakan untuk menjaga hewan piaraan anda di rumah saja dengan tidak membenarkan bermain di luar. Lalu, pastikan juga selalu mensterilkan ruangan dan tubuh anda setelah memegang hewan anda.

Bagaimana dengan kebersihan rumah?

Selain berjaga-jaga ketika berada di luar, kita juga perlu memperhatikan kebersihan rumah sebagai tempat tinggal kita. Pastikan semua ruangan terbebas dari virus apapun dengan selalu membersihkan permukaan barang, terkhusus yang sering disentuh, karena kita selalu tidak sadar benda apa yang kita sentuh setelah berada di luar.

Benda yang bisa dipastikan bersih dan higienis pertama kali adalah tangan kita sendiri. Ini merupakan peringatan umum yang saat ini harus dilakukan. Pastikan kita selalu mencuci tangan ketika sampai di rumah sebelum menyentuh yang lainnya. Adapun barang-barang lainnya seperti gagang pintu, kunci rumah atau kendaraan, handphone, meja, kursi dan lainnya yang sekiranya sering disentuh, terutama yang selalu dibawa keluar rumah. Barang-barang ini bisa dibersihkan menggunakan sabun ataupun pembersih lainnya yang mengandung antiseptic untuk bisa mensterilkan dari kuman.

Selain itu, mensterilkan ruangan dengan menyemprotkan disinfectant di ruangan-ruangan rumah seperti kamar tidur, ruang tamu dan keluarga. Selain di rumah, disinfectant ini juga dianjurkan untuk digunakan di tempat kerja, karena ada banyak orang dari berbagai tempat yang menetap di ruangan kerja kita. Disinfectant ini berfungsi untuk mensterilkan ruangan dari virus-virus yang masuk dari luar.

Apa yang perlu saya lakukan ketika berada di luar rumah atau tempat publik?

Hampir setiap orang memiliki mobilitas di luar rumah untuk berinteraksi dengan orang lain. Walaupun sudah berjaga dan memastikan diri kita sehat dari, bukan berarti untuk memperhatikan kesehatan ketika di luar rumah. Untuk disaat seperti ini, tidak ada salahnya untuk selalu waspada dengan melakukan hal-hal penting, seperti:

Tetap sterilkan tangan anda dari apapun

Ketika berada di luar, bersalaman ataupun menyentuh apapun sangatlah mungkin terjadi. Kita tidak pernah tau apakah mereka sudah terinfeksi ataupun belum, atau bisa saja kita yang sudah terinfeksi sehingga dapat menularkan virus tersebut kepada orang lain. Sebagai solusinya, sediakan selalu hand-sanitizer yang sangat bermanfaat dimanapun, terlebih ketika kita tidak menemukan air dan sabun untuk cuci tangan. 

 

Hand-sanitizer bisa dipakai setiap kali menyentuh barang (sebelum dan sesudah) ketika berada di luar, bahkan sebelum mengkonsumsi makanan yang akan masuk ke dalam tubuh kita. Pastikan tangan anda selalu steril dari virus apapun sebelum memegang bagian tubuh anda sendiri.

Selalu sedia air putih

Salah satu gejala Covid-19 adalah sakit tenggorokan. Pakar kesehatan juga menghimbau kita untuk tidak membiarkan tenggorokan kita kering di saat seperti ini. Minum air putih adalah langkah awal untuk menghindar tenggorokan kita menjadi kering dan sakit.

Gunakan masker di saat perlu

Baru-baru ini kita dihebohkan dengan harga masker yang melambung tinggi karena kelangkaannya. Anggapan masyarakat terhadap penggunaan masker guna menangkal diri dari virus ini berbeda-beda. Lalu, bagaimana sebaiknya digunakan?

Masker memang sangat disarankan untuk dipakai di saat kita sedang sakit atau berada bersama pesakit. Namun, masker harus tetap tersedia dalam kondisi apapun sehingga kitapun siap sedia ketika kita harus menggunakannya.

Begitulah langkah-langkah sederhana yang perlu dilakukan di rumah untuk tetap sehat dari rumah hingga kembali ke rumah lagi.

*Pastikan anggota keluarga anda mendapat penanganan cepat jika terjadi infeksi ringan melalui perlengkapan yang ada di rumah ataupun petugas medis sekalipun.

 

Selamat beraktivitas!

Like