Cryptocurrency

Penggunaan Cryptocurrency vs Real Estate Crowdfunding

Investasi di zaman sekarang tidak hanya menjadi kebutuhan bahkan suatu tren bagi mereka yang aware akan kepentingan di masa depan. Kini, sudah banyak inovasi yang mengembangkan investasi menjadi sesuatu yang mudah dan dapat dilakukan di mana saja, bahkan perlu dilakukan karena fleksibilitas. Salah satunya adalah yang menggunakan teknologi internet dalam bertransaksi. Kali ini, Ethis akan membahas dua investasi yang sedang banyak dibicarakan di era sekarang ini.

Cryptocurrency

Cryptocurrency merupakan teknologi yang membuat mata uang menjadi digital dan menggunakan sistem kriptografi, sehingga tidak dapat dipalsukan. Bitcoin merupakan salah satu cryptocurrency yang terkenal baru-baru ini. Diciptakan oleh Satoshi Nakamoto, uang digital ini menggunakan akses terbuka untuk pembayaran dalam jaringan peer to peer dengan sifat terdesentralisasi. Untuk sistem keamanannya, Bitcoin menggunakan kriptografi, seperti Bitcoin hanya bisa dihabiskan oleh pemiliknya dan tidak dapat dipakai lebih dari satu kali. Dari banyaknya keuntungan berinvestasi cryptocurrency, ternyata masih banyak yang harus dipertimbangkan bagi yang menginginkan investasi mudah. Tingkat volatilitas uang digital ini masih sangat tinggi, maka tidak mengherankan lagi jika nilai tukarnya sangat mudah berubah-ubah yang membuatnya belum bisa menemukan nilai wajarnya. Terkadang investor bisa mendapatkan berkali-kali lipat sebagai untung. Adapun, regulasi yang mengatur investasi tersebut masih belum jelas, terlebih di Indonesia. Kontan.id pernah menyebutkan bahwa salah satu kendala yang dihadapi para pemain cryptocurrency di Indonesia adalah regulasi dari Bank Indonesia yang melarang instrumen tersebut dijadikan alat pembayaran yang sah. Hal ini membuat masyarakat setempat ragu-ragu berinvestasi dalam bentuk digital ini. Dari perspektif Islam, uang digital masih diambang batas keraguan karena unsur gharar dan maysir ketika volatilitasnya tinggi yang menjadikannya elemen negatif dalam fiqh muamalat. Ini bisa disamakan dengan “trading” atau “gambling” yang mengakibatkan anda mendapatkan uang ataupun hilang sekalipun tanpa meninggalkan setiap sennya. Contohnya, pada 8 November 2017 hingga 12 November 2017, ada penurunan drastis 21% dalam harga bitcoin karena perubahan teknologi dasarnya.

Real Estate Crowdfunding

Jenis investasi dalam hal real estate (rumah, gedung perkantoran, apartemen dll) adalah hal yang bertolak belakang dengan sifat cryptocurrency. Terbukti, real estate memberikan imbal hasil yang lebih baik setelah disesuaikan resikonya. Dengan sistem crowdfunding, investasi di bidang properti tidak lagi mengharuskan membeli satu aset sebagai investasi jangka panjang. Melainkan, platform crowdfunding memudahkan serendah Rp. 1 juta dengan sistem bagi hasil yang adil di setiap proyeknya atau bulan. Adapun melalui hukum Islam, real estate crowdfunding dapat didukung dengan akad antara kedua belah pihak (investor dan developer) yang diperantarai oleh platform yang menyediakannya. Contohnya, Ethis Crowd menggunakan win-win situation untuk para investor. Mereka dapat membantu komunitas kelas menengah ke bawah yang membutuhkan rumah dan sekaligus mendapat keuntungan yang bersih dari riba karena melalui akad dan sistem transparansi yang disediakan oleh Ethis Crowd. Bagaimanapun juga, investasi adalah pilihan bagi para calon investor yang bergantung pada prioritas masing-masing, tujuan dan keinginan dalam beresiko. Banyak orang-orang yang telah menemukan akan kualitas investasi di real estate atau properti akan memilih crowdfunding sebagai pilihan terbaik untuk tetap berinvestasi dalam jumlah berapapun.  
Like
1