Bagaimanakah Bentuk Pembiayaan Halal untuk Real Estate?

Memperhatikan ke-halal-an suatu produk yang dikonsumsi sudah menjadi prioritas bagi muslim. Namun, yang menghiraukan darimana datangnya pendapatan lebih sedikit daripada konsumsi tersebut. Padahal, kedua-duanya dapat berimbas kepada kehalalan bahkan keharaman yang kita konsumsi juga. Surat Ar-rum ayat 39 telah menjelaskan bahayanya riba yang didapatkan dalam sebuah pendapatan. Dari terapan ayat tersebut, kita mengerti akan pentingnya mempunyai penghasilan dengan cara yang baik dan tidak merugikan orang lain. Di zaman yang serba berkembang ini, pengetahuan muslim akan pembelajaran ilmu Islam untuk kehidupan sehari-harinya juga turut berkembang. Contohnya, tidak hanya pemilihan makanan yang mereka konsumsi, kini halal haramnya praktek finansial sehari-hari sudah menjadi pusat perhatian. Tidak heran lagi jika ‘halal’ sudah menjadi sebuah lifestyle karena banyak aspek yang terintegrasi dengan kehidupan. Tren berinvestasi sudah dikenal sejak lama sebagai alternatif menabung aktif untuk masa depan ataupun menjadi sumber penghasilan utama bagi sebagian orang. Hanya saja, memperhatikan praktek keuangan yang berlandaskan syariat Islam masih belum menjadi tujuan utama. Kini dengan berkembangnya tren halal lifestyle, kebanyakan umat muslim mulai berhati-hati dalam memilih organisasi sebagai tempat untuk berinvestasi yang aman dari kata “riba” yang menjadi faktor penyebab investasi haram. Nah, kira-kira kenapa kita sebagai muslim harus berpartisipasi dalam investasi halal real estate / properti?

ALASAN BERINVESTASI HALAL DI REAL ESTATE

Investasi mengikuti aturan Islam

Sesuai dengan syariat Islam, muslim tidak diperbolehkan mendekati kegiatan-kegiatan haram seperti mengkonsumsi barang haram, berjudi, praktek keuangan konvensional, dan prostitusi. Dengan munculnya investasi halal di bidang real estate, proyek yang memiliki tujuan yang bertentangan dengan hukum Islam tersebut tidak akan di-support. Tidak hanya perusahaan judi; bisnis yang memproduksi dagangan haram seperti babi, alkohol; dan institusi keuangan yang masih berpraktek riba. Dengan berinvestasi di halal real estate, muslim atau non muslim sekalipun berkesempatan untuk mengembangkan bisnis yang diperbolehkan dan sesuai prinsip Islam.

Lulus uji dari praktisi Syariah

Biasanya, lembaga keuangan syariah memiliki team syariah atau dewan syariah yang melakukan pemeriksaan keabsahan syariah dari setiap transaksi yang ditetapkan pada institusi tersebut, termasuk produk atau layanan yang disediakan. Team syariah ini merupakan elemen terpenting untuk menjaga kepercayaan konsumen atas investasi yang aman dari unsur-unsur haram.

Meningkatkan pertumbuhan ekonomi

Dari perspektif yang luas, berinvestasi akan membantu pengembangan ekonomi masyarakat atau negara dan juga komunitas tertentu. Dalam investasi, keuangan akan bergerak tumbuh yang secara langsung mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dalam suatu negara. Selain dari itu, halal real estate investment memberi kesempatan bagi muslim ataupun non-muslim untuk mengembangkan produk halal atau bermanfaat tanpa memberi kerugian orang banyak. Halal real estate mampu menciptakan ekosistem positif bagi para investor yang memilih alternatif untuk menabung masa depan. Ethis juga menawarkan layanan investasi halal di properti rumah sederhana yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Sesuai dengan syariah Islam, Ethis menerapkan akad istisna’ atau murabahah dalam bertransaksi. Selain itu, Ethis juga selalu berusaha memberikan manfaat bagi pelaku investor, developer ataupun konsumen yang menikmati properti yang sudah dibangun. Tertarik untuk berinvestasi halal di real estate? Silahkan daftar sebagai investor di sini.
Like